Mengenal Bibit: Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia

Mengenal Bibit: Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia

Afupedia - Sebagian besar masyarakat tidak menyadari seberapa besar dampak inflasi terhadap uang yang mereka tabung di Bank, sebagai anak muda adalah tugas kita untuk mengedukasi keluarga dan orang-orang terdekat kita tentang apa itu inflasi dan bagaimana cara menangkalnya.

Aplikasi Investasi Reksadana Bibit

Reksadana adalah wadah investasi yang bisa diakses siapapun dengan mudah, kita tidak perlu menjadi seorang ahli ekonomi atau mengikuti pelatihan khusus untuk menjadi seorang investor, berinvestasi bisa dilakukan dengan mudah dengan hanya mengandalkan yang namanya Manajer Investasi.

Manajer Investasi adalah pihak yang akan membantu mengelola dana investasi kita, dengan memilih Manajer Investasi yang tepat kita bisa mendapatkan keuntungan dari dana yang kita investasikan tanpa harus bertemu langsung dengan pihak tempat kita berinvestasi.

Apa itu Bibit?

Bibit adalah aplikasi investasi Reksadana yang dibuat untuk membantu rakyat Indonesia untuk mulai berinvestasi sejak dini. Aplikasi ini adalah perantara antara kita sebagai investor dengan pihak Manajer Investasi, jadi kita bisa mulai berinvestasi tanpa harus bertemu dengan Manajer Investasi.

Bibit adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama sebagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan Bibit kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Bibit mengatakan kalau siapapun bisa langsung investasi dengan optimal sesuai dengan level resiko yang mereka pilih.

Untuk mulai berinvestasi di aplikasi Bibit kita tidak perlu pengalaman. tanpa harus bingung. dan hanya tinggal terima beres. Pihak Bibit juga akan memberikan rekomendasi jenis investasi terbaik berdasarkan profil resiko yang telah ditetapkan diawal.

Aplikasi Bibit memiliki kecerdasan buatan yang menggunakan Teknologi riset yang dimiliki oleh pemenang Nobel Prize, Harry Markowitz. Sebuah metode pembentukan portofolio investasi yang dinamakan Modern Portfolio Theory.

Dengan menggunakan metode ini, Bibit akan memilihkan jenis Reksadana yang sesuai dengan profil resiko kamu dan kemudian melakukan penyesuaian persentase investasi tersebut dari waktu ke waktu sesuai dengan perubahan kondisi keuanganmu, usia, toleransi risiko, hingga kondisi pasar.

Apakah Berinvestasi Reksadana di Bibit Aman?

Berinvestasi Reksadana di Bibit Aman, Aplikasi Bibit sendiri telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibawah PT Bibit Tumbuh Bersama sebagai Agen Penjual Reksadana sejak Oktober 2017.

Sebagai APERD (Agen Penjual Reksa Dana) Bibit tidak menyimpan uang investornya, uang kamu disimpan di oleh Manajer Investasi di Bank Kustodian, yaitu bank yang menampung dana para investor, selain itu dana kamu akan aman karena hanya bisa dicairkan atas nama kamu yang terdaftar di aplikasi Bibit berdasarkan KTP.

Bahkan jika suatu saat Bibit menutup layanan mereka, uang kamu akan tetap aman dan bisa dicairkan melalui bank kustodian, turan tentang Bank Kustodian telah dituangkan dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995 Pasal 1 angka 8, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berinvestasi Reksadana di Bibit.

Keuntungan Berinvestasi Reksadana di Bibit

Dengan mencapai lebih dari 500.000 kali unduhan di Google Play Bibit bisa disebut sebagai aplikasi Investasi Reksadana terbaik yang ada di Indonesia hingga saat ini. Prediket ini bisa disematkan karena Bibit memang memiliki banyak kelebihan sebagai aplikasi investasi Reksadana, seperti antarmuka yang sederhana dan mudah dinavigasi, adanya fitur rekomendasi Reksadana, gratis biaya transaksi, layanan support yang cepat tanggap, bebas pajak hingga nilai investasi minimal yang rendah yaitu Rp 10.000 saja.

Aplikasi Bibit sendiri sejak awal memang dirancang agar para investor pemula mudah menggunakannnya, dengan menu yang lengkap dan penjelasan yang ada hampir disetiap menu para investor pemula bisa belajar sambil berinvestasi di aplikasi Bibit.

Pihak Bibit sendiri juga mengemukakan bahwa mereka selalu berusaha untuk memilihkan Reksadana terbaik untuk ditawarkan kepada para penggunanya, oleh karena itu jika kamu melihat didalam aplikasi Bibit Reksadana yang ditawarkan hanya berasal dari Manajer Investasi yang sudah dikenal terpercaya dan bisa diandalkan.

Kelebihan lain dari aplikasi Bibit adalah pencairan dana investasi yang mudah dan tergolong cepat, jadi jika suatu waktu kamu terpaksa harus segera menarik dana investasimu kamu bisa melakukannya dengan mudah dan cepat di aplikasi Bibit, oh ya Bibit juga menawarkan Reksadana Syariah jika kamu menginginkannya.

Pembukaan rekening Rekdana sendiri semuanya dilakukan secara online melalui aplikasi, jadi kamu tidak perlu pergi ke kantor Bibit, Kantor Manajer Investasi, dan rekening Bank untuk melakukan penyetoran, karena ada banyak pilihan metode pembayaran yang bisa kamu lakukan dari rumah, seperti fitur pembayaran dengan menggunakan Link Aja dan GoPay dari aplikasi Gojek.

Selain Bibit, ada beberapa aplikasi investasi reksadana terbaik lainnya yang ada di Indonesia, seperti Bareksa, TanamDuit, Reksadana Bukalapak dan Reksadana dari Tokopedia. Setiap aplikasi investasi reksadana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu harus mencoba untuk menemukan aplikasi yang cocok denganmu.

Demikianlah sedikit pengenalan tentang aplikasi investasi Reksadana Bibit. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah, kami akan dengan sukarela menjawab pertanyaan kamu sesuai dengan pengetahuan yang kami miliki seputar investasi Reksadana. Selamat Berinvestasi!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama