5 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia Tahun 2020

5 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Afupedia - Pernahkah kamu berfikir sampai kapan kamu akan terus berkerja dan mencari penghasilan, apakah kamu ingin terus bekerja akan sampai tua seperti orangtuamu atau kamu ingin segera pensiun sebelum usia 50 tahun? Jika kamu tidak ingin bekerja sepanjang hidupmu maka investasi adalah jawabannya.

Ilustrasi Menabung Reksadana

Sebagian besar kalangan anak muda Indonesia masih belum menyadari tentang betapa pentingnya berinvestasi sejak dini, bagi yang belum bekerja merasa bahwa mereka harus bekerja dan memiliki penghasilan tetap dulu sebelum mulai berinvestasi, dilain sisi karyawan muda malah menghabiskan sebagian besar penghasilan mereka tanpa diinvestasikan untuk tabungan di usia senja.

Saking tidak pahamnya sebagian anak muda hingga kini masih berfikir bahwa berinvestasi itu adalah sesuatu yang menakutkan, sesuatu yang bisa membuat uang yang diinvestasikan bisa menghilang dalam sekejap, dan tidak ada yang bisa dimintai pertanggung jawaban, padahal kenyataannya investasi tidak sesederhana dan semenyeramkan itu.

Kebanyakan dari anak muda memahami investasi itu sebagai kegiatan meminjamkan uang kepada perusahaan untuk kemudian digunakan sebagai modal untuk pengembangan usaha dengan perjanjian bahwa resiko ditanggung bersama, jadi jika perusahaan tersebut gagal maka para investor harus rela kekurangan bahkan kehilangan dana investasi mereka. Well yan itu bisa saja terjadi jika kamu tidak memperhatitikan dimana kamu berinvestasi dan bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar.

Apa itu Reksadana?

Tahukah kamu bahwa investasi itu banyak jenisnya, dan salah satu jenis investasi adalah investasi pada aset atau surat berharga. Investasi surat berharga ini dibedakan lagi secara umum menjadi tiga bagian, yaitu investasi Saham, ada lagi Investasi obligasi, dan terakhir investasi Reksadana.

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Investasi Reksadana dianggap lebih aman karena dana yang kamu investasikan tidak akan dipegang oleh Manajer Investasi, akan tetapi dipegang oleh Bank Kustodian, yaitu bank yang ditunjuk oleh Manajer Investasi untuk menyimpan dana kamu.

Sehingga jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, pihak bank akan menyetorkan dana investasi kembali ke rekening kamu yang terdaftar, Manajer Investasi yang terpercaya akan selalu memilih Bank Kustodian yang sudah dikenal baik reputasinya oleh masyarakat.

Kelebihan Investasi Reksadana

Investasi Reksadana memiliki banyak kelebihan,mulai dari persyaratan pembukaan portofolio yang muda, minimal pembelian yang kecil mulai dari Rp 10.000 hingga pilihan Manajer Investasi dan jenis serta pilihan reksadana yang banyak.

Jika kamu investor pemula dan benar-benar awam masalah investasi, setiap aplikasi Reksadana umumnya memiliki tim support, bahkan group atau komunitas investor yang aktif, hal ini membuat kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan mudah sebelum kamu memutuskan membeli reksadana yang cocok untukmu.

Seperti yang telah kami sampaikan di awal, kelebihan lain dari berinvestasi Reksadana adalah adanya jaminan oleh Otoritas Jasa Keuangan, dimana dana investasi kamu tidak akan lenyap begitu saja bahkan jika ada Manajer Investasi nakal yang mencoba menggelapkan dana investasimu.

Selain itu jika suatu saat aplikasi atau perusahaan yang menerbitkan aplikasi tempat kamu melakukan jual beli atau investasi Reksadana tutup, kamu masih bisa memantau dan mencairkan dana investasimu melalui Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), karena dana kamu disimpan oleh bank kustodian, bukan Manajer Investasi.

KSEI atau PT Kustodian Sentral Efek Indonesia adalah perusahaan yang didirikan di Jakarta, pada tanggal 23 Desember 1997, perusahaan ini memperoleh izin operasional sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian pada tanggal 11 November 1998, jadi setelah kamu berinvestasi di aplikasi Reksadana, pastikan juga untuk mendaftarkan diri di KSEI.

5 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dengan makin berkembangnya teknologi, kini berinvestasi Reksadana bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, kamu tidak perlu lagi datang kekantor Manajer Investasi untuk sekedar berkonsultasi atau pergi ke Bank hanya untuk sekedar menyetorkan dana investasi kamu, bahkan kini kamu bisa mulai berinvestasi dengan nominal terkecil yaitu Rp10.000 saja.

Semua kemudahan diatas bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi melalui aplikasi yang bisa diunduh dengan mudah dan aman di ponselmu, dan berikut ini kami bagikan 5 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik dan Terpercaya di Indonesia yang bisa kamu gunakan sebagai perantara untuk mulai berinvestasi sedini mungkin tanpa harus membebani keuangan harianmu.

Hingga saat ini ada banyak aplikasi investasi reksadana yang ditawarkan, baik oleh perusahaan sekuritas maupun oleh Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), bahkan ada juga Bank yang secara langsung menawarkan Reksadana kepada nasabahnya. Nah daripada bingung, berikut ini 5 pilihan aplikasi investasi Reksadana terbaik yang bisa kamu coba.

1.Bibit

Bibit adalah aplikasi investasi terbaik di Indonesia pada saat ini. Walaupun masih tergolong sebagai aplikasi baru, tapi Bibit sangat layak kamu coba. Kamu bisa melakukan pendaftaran akun penuh di Bibit secara online. Jadi, kamu tidak perlu mengirim dokumen apapun seperti data diri dan nomor rekening melalui pos atau jasa pengiriman lainnya.

Fitur unik dari aplikasi milik PT Bibit Tumbuh Bersama ini adalah rekomendasi reksadana. Kamu akan menerima reksadana apa saja yang cocok buat kamu, semua ini berkat adanya ifutr yang bernama Robo Advisor, yaitu fitur yang memiliki kecerdasan untuk menganalisa profil resiko berdasarkan beberapa pertanyaan mendasar yang kamu jawab pada aplikasi ini. Selain dibantu oleh Robo, kamu juga bisa memilih sendiri profil resikomu.

Di Bibit sendiri kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal awal hanya Rp10.000 saja, mudahnya lagi kamu bahkan bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay atau aplikasi LinkAja dan keduanya tidak dibebankan biaya tambahan serta bisa di proses dengan cepat dan instan dalam waktu yang singkat.

2. Tanamduit

Tanam duit atau adalah perusahaan financial technology milik PT Star Mercato Capitale yang menyediakan portal marketplace reksadana untuk memperjual-belikan produk investasi reksadana secara daring dari berbagai perusahaan manajer investasi.

Meski namanya sedikit alay, namun Tanamduit merupakan aplikasi investasi reksadana yang aman dan cocok bagi kamu para pemula yang baru mau belajar. Tampilan aplikasinya juga sudah disesuaikan sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan. Sama seperti Bibit kamu bisa melakukan pendaftaran hingga verifikasi identitas semuanya hanya secara online.

Fitur unik Tanamduit adalah login aman dan praktis dengan sidik jari, sidik jari dipercaya akan menggantikan fungsi password huruf dan angka dimasa depan karena dianggap lebih aman dari pembobolan dan fitur keren ini hampir ada disemua ponsel pintar pada saat ini, jadi kamu bisam neegunakannya sebagai akses login di Tanamduit.

3. Bareksa

Bareksa adalah perusahaan financial technology milik PT Bareksa Portal Investasi yang menyediakan portal marketplace reksadana untuk memperjual-belikan produk investasi reksadana secara daring dari berbagai perusahaan manajer investasi.

Bareksa bisa dikatakan sebagai aplikasi investasi reksadana terbaik saat ini. Bareksa menjadi marketplace khusus reksadana. Di situs webnya, terdapat banyak sekali pilihan reksadana yang bisa diperjual belikan. Selain itu, terdapat fitur analisis ekonomi dan kalkulator investasi serta tabungan umroh di situs Bareksa.

Di dalam aplikasi Androidnya, kamu bisa melakukan transaksi jual beli reksadana dengan mudah dan cepat. Bareksa juga sangat terkenal karena jumlah Reksadana yang ditawarkan sangat banyak, bisa dibilang Bareksa adalah pionir investasi secara online di Indonesia.

4. Bukareksa

Selain berbelanja, sekarang kamu juga bisa investasi reksadana di e-commerce Bukalapak. Aplikasi investasi reksadana Bukalapak disebut Bukareksa. Deposit awal untuk mulai investasi reksadana di Bukareksa hanya sebesar Rp10.000. Selain itu Bukalapak juga rutin memberikan promo untuk para investor mereka di Bukareksa.

BukaReksa adalah fitur di Bukalapak yang memperjualbelikan berbagai macam pilihan reksa dana. PT Bukalapak bekerja sama dengan PT Bareksa Portal Investasi dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menyediakan fitur BukaReksa.

Terdapat lebih dari 20 produk reksadana di Bukareksa, mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham, sebagian besar Reksadana yang ada di Bukalapak adalah pilihan reksadana yang memiliki reputasi paling baik. Di Bukareksa kamu bisa melakukan pembayaran atau top up reksadana menggunakan fitur pembayaran yang ada di Aplikasi Bukalapak, salah satunya adalah Dompet Digital Dana.

5. Tokoreksa

Dan aplikasi investasi reksadana terbaik yang terakhir adalah Tokoreksa atau Reksadana Tokopedia. Modelnya hampir mirip seperti Bukareksa, deposit awalnya juga sama-sama Rp10.000. Bedanya, Tokopedia hanya menyediakan reksadana pasar uang dari Syailendra Dana Kas. Syailendra Dana Kas ini pernah meraih prestasi sebagai reksadana pasar uang terbaik kategori di bawah 1 tahun versi APRDI tahun 2017.

Produk reksadana yang dijual di platform PT Tokopedia adalah reksadana pasar uang. Setelah bekerjasama dengan PT Bareksa, pengguna Tokopedia dapat membeli reksadana pasar uang dengan produk reksadana Syailendra Dana Kas. Produk tersebut dikelola oleh manajer investasi Syailendra Capital.

Sama seperti Bukareksa dari Bukalapak, karena sudah terintegrasi didalam aplikasi, kamu juga bisa berbelanja sekaligus melakukan investasi reksadana di Tokopedia. Tokopedia Reksadana sendiri tergolong paling baru oleh karena itu kami yakin dimasa mendatang akan semakin banyak jenis dan pilihan Reksadana yang ditawarkan.

Demikianlah 5 aplikasi investasi terbaik dan terpopuler menurut Afupedia. Kamu bisa mengunduh semua aplikasi Reksadana diatas secara gratis dan aman di Toko Aplikasi Resmi seperti Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS, untuk Bukareksa dan Toreksa kamu tidak perlu mengunduh aplikasi lainnya jika kamu sudah memiliki aplikasi Toko Online Bukalapak dan Tokopedia di ponselmu.

Demi keamanan jangan pernah mengunduh aplikasi Reksadana atau aplikasi Finansial lainnya melalui situs atau tempat lainnya, karena dikhawatirkan aplikasi tersebut telah disusupkan malware yang bisa mengawasi dan mencuri data-data pentingmu. Pastikan dulu keamanan dan keaslian aplikasi dengan hanya mengunduhnya melalui toko aplikasi Resmi yang ada diperangkatmu. Selamat berinvestasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama